SOP
Pengajaran Tahfiz
1.
Pendidik datang tepat 15
menit sebelum pelajaran di mulai
2.
Jika pendidik tidak datang
pada saat pelajaran telah dimulai, maka wajib bagi pendidik tersebut memberikan
kabar kepada guru piket atau staff yang ada dalam baitul qur’an daarul hijrah.
Lalu yang diberikan kabar tersebut menginstruksikan untuk guru piket agar
mengisi kekosongan tersebut.
3.
Pendidik menyiapkan peserta
didik agar dapat tertib dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
4.
Muroj’ah Umum. Pendidik memulai dengan membaca MurRoja’ah Harian
Umum dengan cara melafazkan secara bersama-sama selama kurang lebih 15 menit
5.
Pendidik membagikan kelas
6.
Pendahuluan Dalam Kelas.Setelah masuk dalam kelas, setiap pendidik
memulai dengan Muraja’ah Harian per kelas, dengan ketentuan memulai dari surat
atau ayat yang paling tinggi dari hafalan peserta didik minimal 3 surat dalam
melafazkannya. Contoh : Surat Al mauun _ Surat Al fiil.
7.
Materi Inti. Mentalaqih satu persatu peserta didik,untuk memastikan
kelancaran bacaan peserta didik baik dalam bacaan maupun makhrojul huruf serta
memberikan materi yang belum di berikan sesuai dengan RPP yang telah di buat
masing-masing pendidik.
8.
Penutup.Di tutup dengan Muroja’ah hafalan pada hari itu,yang sedang
di hafalkan
9.
Pendidik boleh memberikan
materi tambahan seperti cerita ataupun lainnya jika itu di perlukan.
10.
Pendidik mengabsen diri dan
peserta didik , dan mengisi berita acara kemudian mengajak peserta didik untuk
merapikan segala peralatan belajar mengajar pada tempat yang telah di sediakan(Kantor)
11.
Selesai seluruh kegiatan
belajar setelah 45 menit, dari awal pembelajaran di mulai
12.
Diharapkan pendidik jangan
mengakhiri atau memanjangkan kegiatan belajar mengajar sebelum waktu yang telah
di tentukan,kecuali hal tersebut sangat urgen(penting)
Ka.Bid.Kesiwaan
Hidayatullah Arsyad
SOP
Pengajaran TPQ
1.
Pendidik datang tepat 15
menit sebelum pelajaran di mulai
2.
Jika pendidik tidak datang
pada saat pelajaran telah dimulai, maka wajib bagi pendidik tersebut memberikan
kabar kepada guru piket atau staff yang ada dalam baitul qur’an daarul hijrah.
Lalu yang diberikan kabar tersebut menginstruksikan untuk guru piket agar
mengisi kekosongan tersebut.
3.
Pendidik menyiapkan peserta
didik agar dapat tertib dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
4.
Muroj’ah Umum. Pendidik memulai dengan membaca MurRoja’ah Harian
Umum dengan cara melafazkan secara bersama-sama selama kurang lebih 15 menit
5.
Pendidik membagikan kelas
6.
Pendahuluan Dalam Kelas.Setelah masuk dalam kelas, setiap pendidik
memulai dengan Muraja’ah Harian per kelas, dengan ketentuan memulai dari surat
atau ayat yang paling tinggi dari hafalan peserta didik minimal 3 surat dalam
melafazkannya. Contoh : Surat Al mauun _ Surat Al fiil. Boleh juga pendidik
memberikan materi seperti,: Melafazkan membaca dan Menulis hadist-hadist pendek
atau mahfuzhot.
7.
Materi Inti. Membaca Al Quran atau Iqro. Sambil menuggu peserta
didik yang membaca, pendidik di anjurkan memberikan catatan di papan tulis
dengan tujuan agar tercipta suasana yang nyaman tidak gaduh.
8.
Penutup.Di tutup dengan membaca do’a –do’a harian atau mahfuzhot.
Di himbau juga terhadap pendidik untuk membiasakan peserta didik membaca do’a
senandung Al_qur’an dan penutup Majlis.
9.
Pendidik boleh memberikan
materi tambahan seperti cerita ataupun lainnya jika itu di perlukan.
10.
Pendidik mengabsen diri dan
peserta didik , dan mengisi berita acara kemudian mengajak peserta didik untuk
merapikan segala peralatan belajar mengajar pada tempat yang telah di
sediakan(Kantor)
11.
Selesai seluruh kegiatan
belajar setelah 45 menit, dari awal pembelajaran di mulai
12.
Diharapkan pendidik jangan
mengakhiri atau memanjangkan kegiatan belajar mengajar sebelum waktu yang telah
di tentukan,kecuali hal tersebut sangat urgen(penting)
Ka.Bid.Kesiwaan
Hidayatullah Arsyad
Pernyataan Secara tertulis
Saya yang
bertanda tangan dibawah ini bersedia mengikuti aturan yang telah di tetapkan
secara Musyawarah Mufakat bertujuan agar tercipta kegiatan belajar mengajar
yang Proposional untuk mendapatkan hasil yang di capai bersama.
1.
Rizqi Maulana
2.
Ahmad Al farisi
3.
Muhammad Hafiz Haekal.
4.
Haekal
5.
Fargholi
6.
Hamdan Hasan
7.
Deni Riwayati
8.
Cindy
Mengetahui,
Pembina Kabid.Kesiswaan.
KH. Ahmad Riva’I Lc. Hidayatullah
Arsyad
No comments:
Post a Comment